Air Terjun Tuwondo

Di Kabupaten Bantul banyak arah wisata yang indah juga sekaligus betul-betul mempesona yang cocok buat beberapa traveling. Salah satu arah yang ada di Bantul yaitu Air Terjun Tuwondo. Air Terjun Tuwondo adalah air terjun yang masih dalam pegembangan obyek wisata yang berbasiskan pedesaan.

Gemerlap Yogyakarta dari Pintu Langit Dahromo

Asal-usul nama dari Air Terjun Tuwondo ini berasar dari kata “tu” yang mempunyai arti watu alias batu dan kata “ondo” yang mempunyai arti tangga. Disebutkan seperti itu karena air terjun ini bertingkat dan seperti tangga. Air terjun ini mempunyai bentuk air terjun dengan tingkat tiga dan terbelah jadi dua aliran. Pada setiap tingkatannya mempunyai ketinggian sekitar 3 sampai 5 mtr..

Curug Banyunibo Yogyakarta

Di sekitar air terjun ada banyak pohon-pohon jati serta semak belukar. Bebatuan yang berada di waktu perjalanan adalah batu andesit serta batu kapur. Waktu berada di tempat wisata dapat banyak ditangani himbauan untuk memperhatikan larangan yang ada di dinding batu sekitar air terjun.

http://demamseo.hol.es/wisata/air-terjun-kedung-kandang-yogyakarta/

Cuaca betul-betul merubah debit air yang ada di Air Terjun Tuwondo. Jika musim hujan, aliran air akan deras dan terlihat betul-betul indah. Tapi jika musim kemarau air terjun ini kering hampir tanpa air. Air Terjun Tuwondo ini memang tidak begitu jernih jika dibandingkan dengan air terjun yang ada di Bantul lain atau Kulon Progo. Di tempat ini air berwarna sedikit kecoklatan merah sebab ada partikel halus dari tanah merah yang ada beberapa air terjun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Anne Blog © 2018 Frontier Theme